VISI MISI KEPALA DESA

RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA

          PERIODE 2022 S/D 2028

 

4.1.  Visi dan Misi

4.1.1.   Visi

Visi Pembangunan jangka menengah Desa Ciulu Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis tahun 2022- 2028 merupakan penjabaran dari visi Kepala Desa terpilih serta menjadi dasar perumusan prioritas pembangunan Desa Ciulu. Pernyataan visi Desa Ciulu periode 2022-2028 menjadi arah bagi pembangunan sampai dengan 6 ( enam ) tahun mendatang. Berbagai kebijakan pembangunan jangka menengah Desa sampai tahun 2028 difokuskan untuk mencapai dan mewujudkan  visi tersebut. Adapun visi pembangunan jangka menengah Desa Ciulu tahun  2022-2028 adalah sebagai berikut :

“ BANGKIT DI MASA PANDEMI COVID-19 MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI DAN KESEHATAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA CIULU SECARA KESELURUHAN “

Pernyataan visi Desa Ciulu 2022-2028 memiliki makna sebagai berikut :

Bangkit di masa pandemi covid-19 menuju kemandirian ekonomi dan Kesehatan Untuk kesejahteraan masyarakat Desa Ciulu secara keseluruhan

Bahwa dalam 6 ( enam ) tahun ke depan, perekonomian Desa Ciulu dalam kondisi mandiri dan kuat dalam menghadapi tantangan perekonomian nasional.  Perekonomian Desa Ciulu diupayakan terus harus mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi agar bisa menekan dan menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran, pendapatan perkapita, peningkatan daya beli masyarakat dan mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat yang mampu dan kurang mampu. Maka pola pembangunannya dengan konsep pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha ekonomi rakyat dengan memanfaatkan potensi unggulan desa dalam rangka meningkatkan produktivitas desa dan optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa        ( BUMDES ).

Pembangunan ekonomi yang berorientasi pada kemandirian ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang harus dinikmati oleh semua secara keseluruhan secara adil dan merata.

4.1.2  Misi

Misi disusun dalam rangka mengimplementasikan langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi yang telah dipaparkan di atas. Rumusan misi merupakan penggambaran visi yang ingin dicapai dan menguraikan upaya-upaya apa yang harus dilakukan, sehingga akan memberikan kerangka bagi tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang ingin dicapai dan menentukan jalan yang akan ditempuh agar mencapai visi secara maximal.

Rumusan misi disusun dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan yang strategis untuk memperjelas jalan atau langkah yang akan dilakukan dalam rangka mencapai visi tersebut diatas.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan beberapa misi pembangunan jangka menengah Desa Ciulu tahun 2022-2028 sebagai berikut :

Misi 1                   : Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Misi 2                   : Meningkatkan tata kelola pemerintah desa yang

                                efektif dan efisien

                   Misi 3                   : Melahirkan manusia yang berbudaya, berkepribadian

                                        baik dan berkualitas

Misi 4    : Membangun perekonomian berbasis pemberdayaan  masyarakat dan potensi unggulan desa

Misi 5    : Meningkatkan pembangunan infrastruktur wilayah kedusunan untuk mendukung jalur distribusi barang dan hasil pertanian

Misi 6       : Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui  program optimalisasi kegiatan posyandu

Share Berita